Mewarnai Bagi Dewasa dan Manfaatnya

berbagai manfaat mewarnai

Sekarang mewarnai bagi orang dewasa bukan hal yang baru lagi. Mewarnai tidak hanya menarik untuk anak-anak saja melainkan orang dewasa pun juga menikmatinya. Berbagai manfaat mewarnai bagi orang dewasa menjadi salah satu alasan seseorang memilih mewarnai menjadi salah satu kegiatan menyenangkan untuk stress release bahkan sebagai self-healing.

Belakangan saya punya kebiasaan baru. Cari free printable di internet kemudian saya print, lalu gambar-gambar tadi saya warnai. Berkah ngeblog buat saya jadi punya kegiatan baru yang memang sudah lama ingin saya lakukan. Tapi berhubung baru sekarang punya alat mewarnai jadi baru deh memulainya. Beberapa kali mau pakai pensil warna atau crayon anak sih, tapi sayang, ntar ujung-ujungnya bakalan beli juga untuk gantinya. Hihihih, dasar mamak ogah rugi yeee! ^^

 

Berbagai Manfaat Mewarnai Bagi Dewasa yang Perlu Kita Ketahui

Mewarnai merupakan salah satu kegiatan seni yang bermanfaat tidak hanya bagi anak-anak tetapi juga dewasa. Mewarnai juga dapat menjadi sebuah terapi. Melansir dari beberapa sumber menyebutkan bahwa mewarnai bisa meredakan stress juga baik untuk kesehatan mental.  Belakangan ini kesehatan mental menjadi salah satu concern karena sangat berpengaruh ke banyak aspek kehidupan keseharian kita. Adapun manfaat mewarnai bagi orang dewasa antara lain:

 

1. Sebagai Hiburan

Selain membaca buku, menonton film atau drama favorit, mewarnai juga bisa menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan. Untuk yang pemula seperti saya, bisa pilih gambar yang mudah terlebih dahulu sebelum masuk ke gambar yang rumit. Tujuannya agar kita tidak menjadi bosan atau malah jadi stress karena salah memilih gambar yang akan kita warnai. Mewarnai bagi dewasa bisa jadi sarana untuk berekspresi. Kita bebas menentukan warna apa saja yang ingin kita berikan pada kertas atau buku mewarnai. Tidak perlu peduli apa kata orang lain, just be yourself! 

Mana tahu juga kan hasil mewarnai kita nanti bisa jadi salah satu ide untuk dekorasi rumah yang kemudian bisa kita pajang.

 

2. Meredakan Rasa Cemas dan Stress

Mengutip penjelasan dari laman klikdokter.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai dapat memberikan efek therapeutik yang dapat munurunkan tingkat kecemasan, meningkatkan fokus, membuat pikiran tenang bahkan juga dapat membantu menurunkan tingkat stress seseorang.

Ada pula yang menyebutkan bahwa kegiatan mewarnai hampir sama dengan meditasi yang mana kita akan fokus kepada gambar yang akan kita warnai dan sejenak melupakan hal lain di sekitar. Oleh karena itu, seseorang yang sedang memiliki gangguan kecemasan kemudian melakukan kegiatan mewarnai dengan serius dapat membuat pikirannya menjadi fokus dan lebih tenang. Sehingga dapat menurunkan tingkat stressnya. Yups, dengan kata lain mewarnai bisa menjadi self healing.

 

3. Melatih Fokus Otak

Menurut Konselor klinis Leslie Marshall yang menyebutkan bahwa kegiatan mewarnai dapat membuka lobus frontal otak atau bagian dari otak yang berfungsi mengorganisir dan memecahkan masalah sehingga membuat pikiran menjadi fokus. Bagian otak frontal ini juga berperan penting untuk ingatan, kemampuan bahasa, sosial dan spontanitas.

Banyaknya load pekerjaan seringkali membuat kita kurang fokus. Ini dapat terjadi saat kita mengerjakan pekerjaan X, kita malah mengingat kerjaan Y, Z dan lainnya yang belum tuntas. Dengan melakukan kegiatan mewarnai dapat melatih otak kita untuk fokus pada satu hal, inilah mengapa mewarnai dapat menjadi salah satu terapi bagi orang yang memiliki banyak kesibukan.

 

4. Membantu Menenangkan Pikiran

Dalam jurnal Frontiers in Psychology pada tahun 2015, sebuah studi  menjelaskan bawah warna-warna dingin seperti biru dan hijau disebutkan membangkitkan ketenangan. Sedangkan untuk warna-warna panas seperti merah dan orange disebutkan sebutkan dapat memberi energi.

Pada kegiatan mewarnai, gerakan dasar yang berulang dapat melibatkan bagian-bagian korteks serebral amigdala yaitu bagian dalam anatomi otak yang berhubungan dengan proses emosi, perilaku serta memori. Bagian inilah yang menjadi pusat rasa takut otak yang bisa memengaruhi pemilihan warna seseorang.

 

Mewarnai Bagi Dewasa Secara Manual VS Digital

Jaman now, apa sih yang tak bisa kita temukan dari internet? Semudah klak klik dan voila muncul deh. Pun begitu juga dengan mewarnai. Selain bisa mewarnai secara manual di atas kertas bergambar ataupun buku khusus mewarnai, kita bisa juga lho mewarnai secara digital. Yes, mewarnai melalui media smartphone maupun laptop/PC. Untuk mendapatan hasil maksimal saat mewarnai di smartphone biasanya orang menggunakan tablet yang lengkap dengan pen tablet-nya.

 

Mewarnai Gambar Secara Manual

 

mewarnai untuk dewasa
hasil warna Mamak yang super simple

 

Seperti yang saya sebutkan di awal bahwa sekarang ini saya lagi senang mencari gambar bebas pakai di internet kemudian saya print dan warnai. Alternatif lain bagi Mamak hemat seperti saya yang memanfaatkan sumber yang ada saja. Kalau mau lebih praktis sih bisa lho dengan cara membeli buku khusus mewarnai bagi dewasa. Sudah banyak di toko buku serta marketplace yang menjualnya.

Mewarnai itu ternyata memang menyenangkan lho. Saya biasanya mewarnai itu di pagi hari sebelum anak-anak pada bangun. Saat dimana pikiran masih kosong dan saya pun bisa tenang menyelesaikannya, salah satu me time nih. Saya memang sengaja mencari gambar-gambarnya yang sederhana, biar bisa lebih cepat menyelesaikan satu gambar. Secara masih berburu waktu dengan anak-anak, kalau mereka udah bangun yang ada ingin ikut corat-coret gambar Mamak padahal mereka juga punya buku mewarnai.

 

Mewarnai Gambar Secara Digital

Mau mewarnai tapi ribet harus ngeprint dulu, ehh tapi juga tidak mau beli buku khusus mewarnai? Bisa banget kok pakai cara kekinian. Ditambah lagi kalau gadgetnya support ya langsung saja download aplikasi mewarnai secara digital aja seperti Colorfy, Happy Color, Coloring Book for Me & Mandala, dan sebagainya.

Hmm, kebanyakan sih aplikasi-aplikasi seperti itu memang butuh penyimpanan yang besar. Namun bukan berarti kita jadi menyerah untuk bisa mewarnai secara online atau digital kan? Kita tetap bisa coba mewarnai di Plays.org aja lho.

Iyah, benar! Di Plays.org selain bisa bermain game seperti Tetris, Solitaire, Pac Rat, Math Boy, Zombie Typing dan lainnya, kita pun juga bisa mewarnai lho di sana. Bermain game di Plays.org juga tidak harus download dulu aplikasi atau game yang kita inginkan jadi bisa lebih menghemat ruang penyimpanan pada HP. Meskipun berbasis game online namun tidak ada iklan yang mengganggu. Jadi kita bisa tetap lanjut bermain.

mewarnai untuk dewasa
Smurfy Coloring Plays.org

Selain itu, kategori yang tersedia pun beragam jadi memungkinkan kita untuk memilih permainan sesuai dengan keinginan kita. Salah satu kategorinya yaitu coloring yang menampilkan berbagai jenis permainan mewarnai seperti Smurfy Coloring yang mana permainan ini membebaskan kita untuk mewarnai gambar dari karakter The Smurfs. Tidak hanya itu saja ada Garfield Coloring Book juga yang tentu saja menampilkan karakter Garfield Si Kucing yang menggemaskan itu. Oh ya bisa sekalian belajar tentang dasar-dasar warna juga lho melalui permainan True Colors yang mana kita bisa kembali belajar tentang warna-warna dasar dan juga teori tentang warna. Penasaran dengan permainan ini? Cus, langsung cek aja ya di Plays.org.

 

Penutup

Saat ini mewarnai tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak saja melainkan orang dewasa pun juga karena terdapat berbagai manfaat dari mewarnai bagi dewasa. Dengan mewarnai kita bisa jadi mengurangi stress dan beban pikiran. Mewarnai pun bisa dilakukan dengan banyak cara baik itu secara manual, digital maupun melalui permainan online seperti bermain game mewarnai di Plays.org yang punya banyak pilihan permainan mewarnai yang bisa kita pilih.

Temans Mamak suka mewarnai juga? Boleh sharing juga di kolom komentar ya! ^^

 

 

Cheers,

Diah

 

 

********

Referensi:

https://www.alodokter.com/kabarnya-buku-mewarnai-untuk-dewasa-bisa-hilangkan-stres
https://hot.liputan6.com/read/4376127/7-manfaat-mewarnai-untuk-orang-dewasa-bisa-redakan-stres
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3609761/aktivitas-mewarnai-ini-manfaatnya-untuk-orang-dewasa
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-mewarnai-untuk-kesehatan/
https://bobo.grid.id/read/081934674/suka-mewarnai-coba-6-aplikasi-mewarnai-gambar-di-smartphone-ini-yuk?page=all

19 Comments

  1. avatar
    Monica says:

    dari dulu seneng banget beli buku mewarnai dewasa di gramed, karna banyaknya pilihan sering sampai bingung mau pilih yang mana. Setuju banget kalo mewarnai jadi bantu ngilangin stress dan beban pikiran. Jadi bikin lebih relax dan bisa jadi salah satu alternatif untuk menghilangkan penat dan bosan.

    19 Comments
    Reply
  2. avatar
    Prim. says:

    Eh beneran lho mbak, mewarnai itu work well buat saya untuk ngilangin stress. Pernah suatu waktu saya bantuin Bio mewarnai tugas menggambarnya, jadi kita bagi tugas gitu. Dia ngewarnain bagian atas, saya bawah.

    Nah selama proses mewarnai itu, somehow saya berasa rileks banget jadinya. Wow, unbelievable & didn’t it would come.

    That’s my story sih.

    19 Comments
    Reply
  3. avatar
    Arni says:

    Mewarnai itu melatih kesabaran banget. Plus menguji kemampuan kita untuk padu padan warna agar tampak nyatu dan indah
    Setuju banget sama artikel ini, mewarnai gak hanya milik anak-anak, dewasa juga bisa banget dong

    19 Comments
    Reply
  4. avatar
    Fajarwalker says:

    Entah kapan terakhir kali saya pernah mewarnai. Tapi saya amasih ingat kok, terakhir saya beli doodle coloring kok rasanya semangat bangeet
    Mungkin saya perlu membelinya lagi nih!

    19 Comments
    Reply
  5. avatar
    swastikha says:

    Coloring therapy memang membantu buat melepaskan stress. Saya sempat beli juga buku mewarnai. Nggak tahu kenapa sampai sekarang belum selesai juga. Mungkin saya malah jadi stress 🤣

    19 Comments
    Reply
  6. avatar
    Ulfah says:

    Wiss patut dicoba nih mba… Benaran deh mewarnai bagi dewasa bisa jdi sebuah hiburan jga, apalagi skrg dah bisa mewarnai scr online yaa mba… Kalau scra manual jga bisa sih, cuma tergantung kesukaan kita aja, hehe mau deh nanti punya waktu luang nyobain mewarnai scra digital…

    19 Comments
    Reply
  7. avatar
    Ira Hamid says:

    Gak nyangka, kebiasaan yang awalnya saya kira hanya untuk anak kecil, ternyata banyak manfaatnya buat orang dewasa yaa. Jadi kepikiran mau donlod gambar-gambar terus diwarnai deh, sepertinya kegiatan mewarnai berdua bareng Wahyu juga bisa jadi penguat bonding dibanding main hape terus

    19 Comments
    Reply
  8. avatar
    Antung Apriana says:

    Banyak ya manfaat mewarnai ini ternyata. Seru sih sebenarnya mewarnai ini tapi Kayaknya aku bukan termasuk yang menyukai atau menikmatinya mungkin karena aku selalu merasa gesekan antara pensil warna dan kertas ini bikin ngilu makanya nggak terlalu suka sama mewarnai

    19 Comments
    Reply
  9. avatar
    Asmaul says:

    Selama dewasa ini belum pernah mencoba mewarnai sebagai rutinitas healing. Hanya mendampingi ponakan saja.

    Nanti dicoba juga di aplikasi atau di websitenya play.org.

    19 Comments
    Reply
  10. avatar
    Ainhy says:

    Mewarnai bagi orang dewasa sepertinya ada kesenangan tersendiri, benar banget salah satunya bisa melatih fokus dan cara menghindari stress.

    19 Comments
    Reply
  11. avatar
    Syahri says:

    Pantes saja banyak pelukis yang terlihat lebih awet muda, ternyata dengan menuangkan warna pada gambar dapat memenangkan pikiran, menghilangkan stres juga ya

    19 Comments
    Reply
  12. avatar
    Mei Daema says:

    saya jarang sekali menggambar kak, pengen nyobain. dulu punya teman rajin banget beli buku gambar terus diwarnai gitu, katanya healing buat stressnya dia, nahs aya belum nyobain

    19 Comments
    Reply
  13. avatar
    Diyanika says:

    Aku bagian yang nyuruh2 mewarnai, iya, Mbak. Wkwkwkwk. Karena ini baru bimbing anak-anak untuk lomba menggambar dan mewarnai. Secara pribadi tidak suka kegiatan mewarnai sih. Jadi, hampir tidak pernah mewarnai meski manual apalagi digital.

    19 Comments
    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.