Pelajaran dari Layangan Putus

pelajaran layangan putus

Sudah dua minggu berlalu dari akhir kisah layangan putus yang ngehits itu. Namun meme dari scene dramanya masih juga bertebaran di sosmed ya. Oh ya gak hanya itu sih, kalau kita iseng mengetikkan kata kunci layangan putus pada mesin pencari, masih banyak juga lho yang membahasnya.

Hmm, tidak terkecuali saya dan Kak Irawati saat diskusi mau bahas tema apa untuk collab pertama kami. Kak Ira saat itu bertanya apa yang lagi ngetrend saat ini? Saya jawab aja layangan putus. Lah, emang itu kan ya pembahasan yang lagi happening? Hehehh. Dan yups, setelah ngobrol sana sini akhirnya kami memutuskan untuk membahas tentang ini.

Dari Curhat ke Series

Saya sendiri pertama tahu cerita ini dari tulisan Mommy ASF yang sempat viral di Facebook – KBM. Saat itu, saya sempat baca beberapa bagian ceritanya lalu setelahnya saya tidak kepo lagi untuk lanjut membaca. Karena kalau gak salah saat itu KBM menghilang atau ntahlah, saya lupa. Jelasnya saat tahu bahwa bakalan ada drama series terbaru di We TV dengan judul yang sama dan membuat saya cukup penasaran.

Serial yang katanya terinspirasi dari kisah nyata, kemudian jadi novel lalu menjadi sebuah drama series. Jujurly saya cukup penasaran  walau sudah menduga kalau pasti bakalan banyak tambahan bumbunya. Penasaran lainnya karena pemeran prianya adalah Reza Rahardian yang kita udah tahu sendiri kan ya gimana aktingnya.

By the way, minggu ketiga Januari lalu di YouTube Channel The Sungkars Family menghadirkan Mommy ASF sebagai bintang tamunya lho. Nah, dari sini saya juga jadi tahu kalau cerita di Series itu memang penuh bumbu. Kenapa? Karena menurut Mommy ASF sendiri saat menghadiri peluncuran Series Layangan Putus, Sutradara menyampaikan bahwa meskipun cerita ini terinspirasi dari tulisan Mommy ASF namun cerita seriesnya adalah hasil kreativitas mereka. Bukan murni menyerap seluruh kisah dalam tulisan Mommy ASF baik di curhatnya versi KBM maupun novel. FYI, saya belum baca novelnya sih tapi sudahlah saya cukup tahu ajalah dari hasil perbincangan Mommy ASF dengan TSF.

 

Pelajaran dari Series Layangan Putus

Membaca kisah, menonton film, drama ataupun sinetron tentu tidak ada larangan. Dari tontonan terkadang kita bisa mendapat pelajaran hidup seperti pada kisah yang satu ini. Tentang kesabaran Kinan, caranya menghadapi Mas Aris, menenangkan Raya dan juga bagaimana harus bersikap pada Lidya. Ahh, thumbs up deh tuk Mamim Kinan! You rock, Mim!

Support system juga berpengaruh, Kinan dikelilingi oleh para sahabat yang selalu mendukungnya. Menemani di saat suka juga duka. Bersedia memberikan telinga mereka untuk mendengarkan cerita Kinan. Selain itu, orangtua juga punya peran penting baginya. Memberi dukungan, nasihat namun bukan paksaan untuk mengikuti kehendak mereka. Semua kembali pada keputusan Kinan, pilihan terbaik menurut hati nuraninya.

Kesabaran Kinan menghadapi masalahnya bahkan di saat dirinya sedang berjuang dengan kehamilannya pun. Berusaha tegar dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil tindakan. Mengumpulkan segala bukti dengan cara yang halus dan tidak menyakiti. Duuh, ada juga ya orang sesabar ini. Biasanya mah kalau ada yang gak beres terhadap pasangan, kita udah naik spaning duluan yekan? Kinan mengajarkan perempuan untuk menjadi tangguh dan punya strategi. Meski pada akhirnya pun juga tetap berpisah tetapi itulah yang terbaik bagi mereka.

 

Pesan Moral

Keluarga adalah tempat terbaik untuk kembali. Setialah pada pasangan karena tidak semua orang bisa menerima pasangannya untuk berbagi tempat, kasih sayang. Ya walau kata Mas Aris dia tidak bisa mengontrol perasaan yang datang begitu saja. Hadeh, egois! Ups!

Jangan nonton Layangan Putus jika mau baper ya. Bawa santai saja. Ambil hikmah yang ada jika itu bermanfaat. Kalau gak suka juga ya mending skip aja, masih banyak tontonan lain yang berfaedah daripada jatuhnya jadi nyinyir dan menjelekkan karya orang kan.

 

Penutup

Judul cerita ini memang berawal dari curhatan penulisnya namun untuk kepentingan Series ternyata memang berbeda dari cerita aslinya. Hanya terdapat beberapa hal yang mirip saja di dalamnya. Tentu ini juga berhubungan dengan nilai jual cerita – komersil, agar bisa lebih menjual dan mengaduk-ngaduk perasaan penontonnya. Ohya sedikit banyak bisa jadi pelajaran juga bagi semua, Terlebih lagi bagi remaja yang ingin memutuskan nikah muda. Cus, pikirin  matang-matang lagi ya. Yakin nih udah siap nikah muda dan menghadapi segala tantangan kehidupan pernikahan yang nantinya ada? Pastinya tidak ada orang yang menginginkan perpisahan, semua mendamba kebahagian.

 

quote Kinan - cnnindonesia.com
quote Kinan Layangan Putus – cnnindonesia.com

 

Hmm, dalam ya quotenya? Jangan lupa baca cerita Layangan Putus dari Kak Irawati juga ya.

 

Gimana nih kisah Layangan Putus menurut Temans Mamak? Ada yang nonton kisah yang sedikit mengandung bawang ini juga?  Dibawa santai dan no baper aja yes.

 

Salam Bahagia. Happy Weekend.

 

Related Posts

16 thoughts on “Pelajaran dari Layangan Putus

  1. Benar, Mbak. Jangan nonton series ini kalau baper apalagi sampai kesel pada suami. Saya pribadi kurang suka nonton film begini karena lumayan berat, sedangkan penginnya nonton buat hiburan. Yang kocak-kocak, bikin ngakak gitu lebih seru 😀
    Tapi, memang betul, ya. Teman-teman Kinan ini baik banget. Selalu ada ketika dia jatuh dan terpuruk. Nggak kebayang kalau nggak ada teman dan keluarga. Syukurlah, cuma series ..hihi.

  2. Iya, Mbaa
    Kinan adalah sosok istri elegan yang menyelesaikan sesuatu dengan tenang tapi esensinya dapettt
    Nah, kemudian aku mikir lagi, Kinan seperti itu karena juga didukung support system yg kece badai seperti yg mba sebut (ibu yg bijak dan teman2 yg setiaa) disamping juga faktor internal Kinan yg pinter, terus gimana dengan wanita2 d luar sana yg diselingkuhin seperti mamim tapi sama sekali gapunya support system alias benar-benar sendirian
    Ya Allah
    Semoga aja diberi kekuatan sm Allah

  3. Saya belum pernah nonton series ini, tapi tahu ceritanya tentang apa. Emang ngehits banget sih series ini. Selain jalan ceritanya, pemerannya juga aktor/aktris kece. Terima kasih ulasannya Kak, terutama quote Kinan yang jadi reminder untuk kita semua.

  4. Saya nonton dari awal sampai akhir. Dan tahu berbeda dari apa yang ditulis dan difilmkan.

    Tapi tetel baper sampe2 kebawa mimpo wkwwk. Semoga keluarga kita dilindungi Allah SWt. Aamiin.

  5. aku udah nonton dan review juga, gemas sih eps its my dream sama endingnya, benar ya hikmahnya kita hanya bergantung kepada tuhan dan self love first, lanjutkan mimpi kita karena kita berhak bahagia

  6. Saya hanya melihat cuplikan-cuplikan series ini yang banyak seliweran di sosmed. Tapi memang benar, daripada baper mending jangan nonton kalo ga kuat nahan emosi hihi… Gawat nanti jadi curigaan di real life… Salut sama mommy asf yang jadi inspirasi dari kisah ini

  7. Saya nonton sekilas potongan ceritanya di youtube. Sebagai seorang yang pernah jadi pelaku produksi balik layar, wajar banyak bumbu penyedap tambahan buat suatu cerita. Tema yang selalu santer dan viral sih, ini. Buat yang mommy asf, semoga rezekinya selalu lancar, berkah, dan mendapatkan pengganti yang lebih baik, aamiin.

  8. Aku cukup terbawa pusaran emosi saat nonton series layangan putus ini mba. Dan jd penasaran juga sama novel yg langsung ditulis oleh Mommy ASF ini untuk tau cerita real nya seperti apa. Ternyata benar ya, jika hidup bersama seorang penulis, kisahmu akan abadi. Jadi mau memilih mengabadikan yg baik atau yg buruk, hehe.

  9. Kemaren layangan putus sempat rame di bahas di grub, sampe nggak berenti² khususnya oleh ibu² rempong dan saya masih tetap cuek, soalnya nggak terlalu suka dengan genre ini hehe

    Tapi setelah baca ini kok jadi penasaran ingin ikutan nonton kayaknya seru.

  10. Saya cuma baca seliweran kisahnya dan gak tertarik nonton karena sudah beli layangan baru. *ehhh kwkwkwkwk
    Maksudnya, saya memang gak pernah tertarik menonton cerita seperti ini, Mbak. Saya lebih suka sesuatu yang menginspirasi dengan vibrasi yang baik-baik aja, karena pikiran ini sudah terlalu tajam dan terasah, gawat kalau sampai masuk ke pikiran bawah sadar, hihihiii….

  11. lihatin film ini bikin gemes ya mak, betul sekali banyak hikmah dibalik film itu yang bisa kita ambil pelajaran sebagai kaum perempuan juga untuk kaum laki-laki

  12. Layangan Putus walau hits, aku belum nonton sama sekali. Tapi cerita ini memang menarik perhatian banyak kalangan karena berurusan sama pelakor, apalagi diadaptasi dari kisah nyata dengan konflik dan alur yang berbeda.

  13. series ini memang happening banget yaa. sampai ditonton 15 juta penonton kalau nggak salah. aku kebayang seandainya dia film kayaknya putri marino bisa dapat citra karena aktingnya yang keren banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.