Opini

Self Love: Tanda Cinta untuk Diri

Self love! Belakangan sering banget deh dengar istilah ini.
Kalau dengar kata self love, Temans Mamak mikirnya apa ya?

Orang yang egoiskah? Atau sebaliknya, orang yang malah mencintai dan bangga pada diri sebagai wujud rasa cinta dan terima kasih.

Saya sendiri sih yang kedua tadi. Why? Karena saya menganggap self love itu sebagai reward saya kepada diri sendiri. Dengan cara me time, misalnya.

Self Love itu Apa sih?

Self love diartikan sebagai mencintai diri sendiri yaitu bagaimana sikap kita terhadap diri sendiri. Menerima apa yang ada pada diri kita dan berusaha membuat diri menjadi lebih bahagia. Self love erat kaitannya dengan kesehatan mental. Saat self love ini diterapkan kita akan merasa lebih mudah untuk berpikir positif. Termasuk saat marah dan kecewa. Bahkan ketika sedih sekalipun sebagai bentuk penerimaan diri.

Self love itu egois dong? Lah kan lebih mementingkan diri sendiri gitu.

Kalau ada yang berpikir seperti ini silahkan saja sih. But, coba deh mikir, egois mana coba ketimbang mementingkan orang lain sementara diri sendiri merasa tersakiti? Merasa gak sesuai dengan yang seharusnya. Dan akan mengakibatkan mental dan psikis kita jadi terganggu yang tentu juga akan mempengaruhi fisik kita juga.

So, ada kalanya kita memang harus bisa tegas dalam memilih demi kebahagian dan kesehatan mental kita juga tentunya.

Self Love bagi Kehidupan Sehari-hari

Tidak hanya kesehatan fisik yang harus dijaga tapi kesehatan mental pun juga penting terlebih bagi diri sendiri. Dengan menerapkan self love, kita bisa menerima apapun keadaan diri kita baik suka maupun duka. Kita akan merasa tenang karena kita tahu apa yang ada pada diri kita, baik itu potensi diri maupun kekurangan kita yang tidak seharusnya kita bandingkan dengan orang lain.

Self love mengajarkan kita untuk menghargai diri sendiri dan tidak perlu menjadi orang lain hanya untuk sekedar mencapai suatu keinginan. Seperti memakai topeng. Segala sesuatu yang baik pasti punya manfaat termasuk self love, diantaranya:

1. Percaya Diri Meningkat

Menerapkan self love berarti kita percaya akan kemampuan diri karena kita bisa mengukur seberapa besar kemampuan yang kita miliki. Sejatinya tidak ada yang mengetahui diri seseorang selain dirinya sendiri. Dengan adanya self love maka kita bisa yakin dan percaya bahwa kita mampu melewati ini semua dengan tentunya selalu mengafirmasi diri bahwa kita bisa.

2. Mendapatkan Kepuasan Diri

Sekali lagi,  bukan egois ya tapi saat menjalankan self love ini kita akan merasa puas dengan apa yang kita miliki saat ini termasuk dengan kekurangan diri. Kita bisa menerima diri kita apa adanya tanpa harus menjadi diri orang lain karena kendali ada di tangan kita dan kita pula yang dapat mengontrol dan bertanggung jawab pada diri sendiri.

3. Risiko Kesehatan Mental Berkurang

Dengan self love kita jadi bisa terhindar dari stress yang bisa mengakibatkan gangguan mental seperti depresi, rasa cemas yang berlebih yang bahkan bisa merusak selera makan. Rasa tidak puas dengan diri sendiri juga bisa mengakibatkan kita jadi menyalahkan diri sendiri dan merasa menjadi orang yang tidak berguna. Sebaliknya, jika kita mencintai diri sendiri kita akan lebih menghargai diri kita bagaimana pun keadaannya.

4. Terbiasa Hidup Sehat

Tentunya jika kita mencintai diri sendiri, kita akan berusaha memberikan yang terbaik pula buat diri kita termasuk kesehatan dengan cara merawat diri, olahraga, menerapkan pola makan yang teratur dan juga istirahat yang cukup.

 

Self Love, Tanda Cinta Versi Mamak Diah

So, jika sudah tahu pentingnya self love beserta manfaat yang bisa kita peroleh dalam kehidupan sehari-hari. Tentu tidak ingin dong menjadi pribadi yang tidak bisa menghargai diri sendiri? Nah, begitu pula dengan saya sebisa mungkin untuk selalu bisa untuk menerapkan self love ini. Tiap orang pasti punya caranya masing-masing sesuai dengan kenyamanannya. Karena kita tidak bisa memaksa seseorang untuk melakukan hal yang sama dengan apa yang kita jalankan. Kalau self love versi saya sendiri sih seperti berikut:

1. Bersyukur dengan apa yang ada pada diri

Pepatah bilang “rumput tetangga lebih hijau daripada rumput sendiri”. Nah kalau sudah tahu rumput tetangga lebih hijau ngapain lagi dipermasalahkan? Mendingan bersyukur aja dengan apa yang kita miliki. Setiap orang dibekali dengan potensi masing-masing yang satu dan lainnya belum tentu sama bahkan anak kembar sekali pun. Justru potensi tersebut akan saling membutuhkan satu dan lainnya.

Selain itu, kita pun juga tidak ada yang bisa memilih kan dilahirkan dari rahim yang mana karena semua sudah diatur bahkan jauh sebelum kita lahir. Jadi, hanya bersyukur yang bisa saya lakukan agar saya bisa lebih mencintai diri saya, lebih menghargai apa yang ada pada diri saya agar saya tidak merasa terbebani dengan melihat kehidupan orang lain.

Kalau ditanya pernah merasa iri? Oh, jelas tentu pernah doong! Karena saya pun juga manusia biasa yang punya rasa iri. But, balik lagi harus sadar bahwa apa yang diberikan untuk saya. Itulah yang terbaik untuk saya. Alhamdulillah, dengan berhenti membanding-bandingkan diri sendiri itu bisa membuat saya merasa lebih menghargai diri saya sendiri.

2. Do what you love

Hidup hanya sementara, gak mau dong ya kita hidup hanya untuk mengurus hal-hal yang unfaedah. Mending lakukan apa yang benar-benar ingin kita inginkan. Kalau ada yang ingin sesuatu dari kita namun tidak sesuai dengan kata hati kita, gak salah kok bilang tidak! Then, lakukan hal yang seharusnya kita lakukan dan inginkan. Nikmatilah hidup ini sebagai mana seharusnya.

3. Menjaga kesehatan diri

Kesehatan fisik penting, sama pentingnya dengan kesehatan mental. Keduanya harus berjalan seimbang. Menjaga kesehatan seperti mengatur pola makan, tidak terlambat makan, istirahat yang cukup tentu akan membuat fisik menjadi sehat. Ingin diet? Boleh aja sih asal jangan menyiksa diri ya dan tentunya lakukan sesuai porsi yang seharusnya.

Tidak lupa juga dibarengi dengan olahraga *upssss, jujur sih ini masih  PR juga buat saya. Paling di rumah sesekali sit-up, jalan mondar-mandir hihihih.

4. Memberi reward pada diri

Salah satu cara mencintai diri sendiri yang menyenangkan adalah memberi reward pada diri. Sesekali boleh dong memberi hadiah pada diri sendiri. Sebagai bentuk penghargaan bagi diri yang telah sama-sama berjuang menjalani hidup yang penuh sandiwara ini, hehehh.

Banyak cara yang bisa kita lakukan, me time misalnya. Beri waktu buat diri untuk merasakan kesenangan. Menikmati hal-hal yang memang lama ingin kita kerjakan namun mungkin belum sempat terlaksana karena banyaknya tuntutan hidup yang harus diselesaikan. Terkadang hal receh pun bisa buat kita bahagia bahkan tidur pun bisa jadi me time lho.

So, seperti itulah self love di mata saya dan ini jadi sesuatu yang sangat penting. Sebagai pengingat diri sekaligus menjadi tanda cinta untuk diri. Masa kita bisa berpikir untuk bisa memberi tanda cinta pada orang terkasih, sementara diri sendiri dianggurkan? Padahal jika diri kita berontak maka semua tidak akan berjalan lancar sesuai apa yang kita inginkan.

Last but not least, boleh juga dong tahu pendapat Temans Mamak tentang Self love? Seberapa pentingkah self love itu? Boleh juga lho sharing cara Temans Mamak dalam mencintai diri sendiri.  Feel free drop your comments ya 🙂

 

Diah