7 Kesalahan yang Bisa Buat Liburan Jadi Boros

7 kesalahan buat liburan jadi boros

Saat mendengar kata “pergi liburan“, tentunya kita pasti merasa senang bila hal tersebut bisa terwujud dalam waktu dekat. Rehat sejenak dari rutinitas harian yang padat dan menyita waktu. Mengambil manfaat liburan demi kesehatan fisik dan kesehatan mental diri sendiri. Pergi berlibur pasti membuat kita harus merogoh kocek lebih dalam dari biasanya. Kendati demikian, Temans Mamak harus tetap cermat mengatur kondisi finansial, ya. Jangan biarkan beberapa kesalahan buat liburan jadi boros hingga isi tabungan terkuras habis.

 

Hati-Hati, 7 Kesalahan Buat Liburan Jadi Boros

Nah, biar liburan kita menjadi lebih menyenangkan tentu perlu persiapan yang matang dan hindari hal-hal yang membuat traveling menjadi berantakan. Termasuk juga menghindari kesalahan-kesalahan yang kita lakukan sehingga membuat liburan menjadi boros. Jangan sampai pulang liburan malah harus lakukan pengiritan ketat hingga saat gajian tiba. Hmm, apa aja sih kesalahan buat liburan jadi boros itu? Cekidot yuuuk.

 

1. Merealisasikan Rencana Liburan Secara Mendadak

Liburan mendadak bukanlah keputusan yang tepat untuk mendukung upaya penghematan. Karena kemungkinan besar malah harus menguras isi tabungan demi menyiapkan akomodasi liburan. Bahkan, biaya tersebut bisa meningkat berkali-kali lipat jika kita memutuskan pergi pada musim liburan. Sebaiknya rencanakan liburan sejak jauh hari supaya punya waktu yang cukup untuk menyiapkan akomodasi dengan harga terjangkau. Jangan sampai uang habis sia-sia tanpa mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

 

2. Tidak Memanfaatkan Promo saat Membeli Tiket Transportasi

Aktivitas liburan memang erat kaitannya dengan moda transportasi umum seperti bus travel, kereta api, dan pesawat terbang. Kalau Temans Mamak berencana berlibur ke tempat yang tidak terlalu jauh, bus travel bisa menjadi moda transportasi andalan karena mudah dijangkau dan shuttle busnya tersedia di berbagai lokasi.

promo tiket bus Traveloka
manfaatkan promo tiket transportasi

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi pada banyak orang ketika menyiapkan akomodasi liburan adalah tidak memanfaatkan promo. Padahal, ada berbagai promo menarik yang bisa membantu kita berhemat saat memesan tiket transportasi, salah satunya yaitu promo tiket bus di Traveloka. Sekarang, Temans Mamak bisa memesan tiket bus secara mudah karena Traveloka menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan operator bus terpercaya di tanah air. Proses pemesanan tiket yang cepat dan praktis membuat kita tak perlu repot menyisihkan banyak waktu ketika merencanakan liburan. Manfaatkan berbagai promo yang telah tersedia di  Traveloka supaya tabungan tak habis begitu saja akibat boros selama berlibur.

 

3. Bepergian Naik Taksi

Biang keladi selanjutnya yang bisa membuatmu makin boros saat liburan adalah bepergian naik taksi. Mayoritas orang memilih taksi dengan alasan kepraktisan dan kenyamanan. Sayangnya, ongkos taksi yang harus kita keluarkan berbanding lurus dengan jarak tujuan yang ingin ditempuh. Sebagai alternatif, sebaiknya Temans Mamak memilih moda transportasi umum lainnya seperti bus, kereta api, atau angkutan kota. Bila memungkinkan, kita juga bisa menyewa motor atau mobil dengan sistem harian agar tetap leluasa bepergian tanpa membuat kantong jebol.

 

4. Sering Makan di Restoran

Mencicipi restoran berkelas di destinasi liburan tentu boleh-boleh saja. Namun, alangkah lebih baik jika Temans Mamak tidak terlalu sering melakukannya selama berlibur. Sebab kebiasaan yang satu jelas akan membuat pengeluaran membengkak akibat biaya makan yang mahal. Kita bisa mencoba menelusuri destinasi wisata kuliner favorit masyarakat lokal yang biasanya menjual makanan dengan harga terjangkau. Bonusnya, kita bisa menikmati cita rasa otentik khas suatu daerah bila berhasil menemukan tempat makan yang jarang disinggahi wisatawan.

 

5. Kalap Jajan ketika Menemukan Aneka Kuliner Unik

Bukan hanya makan di restoran mahal yang bisa membuatmu boros selama liburan. Kebiasaan kalap jajan selama berlibur juga bisa menyebabkan hal serupa. Biasanya orang cenderung tergugah mencicipi aneka jajanan yang belum pernah dicicipi sebelumnya. Padahal, belum tentu kita membutuhkan jajanan tersebut karena merasa lapar. Kalaupun ingin mencicipi jajanan yang menarik, usahakan untuk membelinya secara sharing dengan keluarga atau sahabat yang berlibur bersama kita sehingga pengeluaran tidak terlalu boros.

 

6. Beli Oleh-Oleh di Pusat Perbelanjaan

Liburan biasanya juga identik dengan kegiatan berburu oleh-oleh. Senang sekali rasanya bila bisa membawakan buah tangan menarik untuk orang-orang terdekat yang sedang menanti kepulangan. Kalau ingin membeli oleh-oleh, sebaiknya Temans Mamak tidak mengunjungi pusat perbelanjaan karena harga barang yang ditawarkan jauh lebih mahal. Luangkan waktu selama liburan untuk mengunjungi pasar tradisional dan sentra oleh-oleh terkenal yang menjajakan aneka produk dengan harga terjangkau. Dengan demikian, kita tak akan kerepotan menyiapkan bujet tambahan saat membeli oleh-oleh.

 

7. Enggan Menyiapkan Biaya Tak Terduga

Temans Mamak tak boleh mengabaikan persiapan biaya tak terduga ketika hendak berlibur. Idealnya, biaya tak terduga minimal 10% dari keseluruhan bujet liburan yang kita siapkan. Namun, kita juga bisa menambah biaya tersebut menjadi lebih banyak untuk mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan muncul selama berlibur. Nantinya, kita bisa memanfaatkan biaya tak terduga ini untuk membayar berbagai hal atau membeli sesuatu selama berlibur. Kalau biaya tak terduga tersebut masih utuh sepulang liburan, kita bisa menyimpannya kembali sebagai tabungan.

 

Jangan jadikan liburan sebagai alasan untuk kalap menggunakan uang tabungan. Sudah waktunya Temans Mamak menerapkan cara berlibur yang tepat supaya merasa puas sekaligus tetap hemat. Gimana, udah siap rencanakan liburan lagi? Semoga liburannya selalu menyenangkan ya 🙂

 

Cheers,
Diah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.