Inilah Keunggulan Jadi Seorang Blogger yang Perlu Dibanggakan

bangga jadi blogger

Apa aja sih keunggulan jadi seorang Blogger? Temans Mamak ada yang pernah dapat pertanyaan seperti itu? Menjadi seorang Blogger itu menyenangkan! Walau jelas setiap kesenangan itu pasti butuh perjuangan dan sedikit pengorbanan. Weleeeh ini udah kayak pidato aja ya? Hihihih. Tapi beneran kok jadi Blogger itu lebih banyak senangnya kok, seriusan deh. Gak percaya? Coba aja tanya Blogger lain atau buktikan sendiri dengan menjadi seorang Blogger dan rasakan keunggulan jadi seorang Blogger.

Emangnya jadi seorang Blogger itu ngapain aja sih? Padahal cuma nulis curhat aja, eeh kok ya hidupnya kayak gak ada susahnya. Nah, itu dia kuncinya tuh karena dengan menulis dari hati tulisan jadi lebih ngena di hati juga. Bisa mendatangkan rejeki dan juga jiwa yang tenang, sering tuh ya healing bagi seorang Blogger mah gak usah jauh-jauh, cukup dengan buat sebuah postingan saja udah merasa tenang.

 

Awal Mula Menjadi Blogger

Sebelumnya Mamak mau cerita sedikit nih awal mula menjadi seorang Blogger atau nara blog yang sekarang ini semakin banyak orang minati. Jadi Blogger itu bukan hanya sekadar tukang bercerita di Blog saja lho namun dari ngeblog ini bisa menghasilkan cuan juga jika kita serius menekuninya.

Mamak pertama kali mengenal blog di akhir tahun 2005 lalu yang mana waktu itu membuat blog di Friendster *uuhuukk, jadul banget ya. Karena lupa password atau apa gitu –  Mamak gak ingat, jadilah tidak bisa masuk ke dashboard untuk menambah postingan dan sebagainya.

Hingga akhirnya pada akhir Januari 2006 memutuskan untuk membuat blog baru di Blogger.com dan Alhamdulillah blog itu bertahan hingga saat ini. Yups, blog utama Mamak bisa Temans baca di diahalsa.com yang sekarang itu umurnya sudah 16 tahun. Ibarat anak sih sudah duduk di bangku SMA tuh sekarang.

Nah, dari awal ngeblog just for fun aja untuk menyalurkan hobi bercerita dan sempat nyaman untuk tidak ikut arus ketika orang-orang sudah mulai hijrah menggunakan domain, saat itu Mamak memilih untuk tetap jadi Blogger biasa dengan idealisme – ngeblog ya untuk berbagi cerita saja.

Hmm, nyatanya Mamak pun tergiur juga dong setelah wara-wiri melihat teman-teman yang dari hobi berceritanya itu bisa mendapatkan tambahan uang jajan bahkan bisa jadi pekerjaan sampingan yang sangat menjanjikan. Bahkan seperti yang Mamak bilang tadi jika diseriusi, tidak jarang sekarang banyak yang memilih pekerjaan sebagai Blogger ini menjadi pekerjaan utama.

Hijrah dari Gratisan ke Domain Berbayar

Jreng-jreeeng, akhirnya pada tahun 2015 lalu membuat keputusan penting dalam perjalanan ngeblogku yaitu membeli sebuah domain. Yes, akhirnya blogku yang usianya saat itu hampir 10 tahun pindah juga dari gratisan ke domain berbayar. Meski hingga saat ini si blog utama masih betah tinggal di kompleks BS sih karena belum ingin move on ke WP, heheheh.

Setelah blog utama memiliki domain sendiri,  Mamak pun memantapkan diri memilih niche Lifestyle blog karena isi blog Mamak memang tidak ada fokus satu bidang tertentu. Atau biasanya orang menyebut blog seperti ini sebagai blog gado-gado.

 

Perlu Tahu, Inilah Keunggulan Jadi Seorang Blogger

Kalau orang tanya, kenapa sih masih bertahan ngeblog dan malah bilang bangga jadi seorang Blogger.

Ohh iyah, jelas dong! 

Gimana tidak karena dari aktivitas ngeblog ini Alhamdulillah saya masih tetap bisa merasakan gajian sendiri meski tidak lagi bekerja seperti dulu. Iyah, walau nilai gajiannya tidak tetap seperti orang kantoran dan tidak ada tanggal pasti untuk payday. Namun tetap harus bersyukur dong bisa menghasilkan sendiri dari hobi yang bisa kita kerjakan kapan saja, dan dari mana saja bahkan bisa sambil rebahan.

Jadi, gak heran dong ya kalau saya tetap happy dan bangga menjalankan hobi saya ini. Menurut pengalaman pribadi yang Mamak rasakan sih, keunggulan jadi seorang Blogger itu antara lain:

 

1. Kemampuan Menulis Terasah

Namanya juga Blogger, ya kerjaan utamanya menulis. Maka mau tidak mau harus terus berlatih membuat tulisan menjadi lebih enak terbaca dan sesuai dengan kaidah menulis yang baik. Setidaknya harus update tentang EYD, atau kata-kata baku yang sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Semakin sering menulis, maka kemampuan menulis pun semakin terasah dan lebih baik lagi. Kalau gini kan peluang untuk bisa menang saat lomba blog juga jadi lebih terbuka lebar dong.

 

2. Literasi atau Kemampuan Membaca Meningkat

Menulis di blog berarti siap untuk dibaca oleh semua orang. Maka dari itu hendaknya sebagai Blogger untuk rajin dan terus update informasi di segala bidang. Seperti ekonomis, bisnis, kuliner, pariwisata, bahkan otomotif dan lain sebagainya. Tidak hanya membaca berita viral tapi juga berkeinginan untuk membaca jurnal ataupun hasil riset yang bisa menambah wawasan Blogger itu sendiri. Hal ini nantinya bisa memberikan nilai lebih bagi tulisannya, menjadi lebih berbobot walau dikemas dengan bahasa sederhana. 

 

3. Jam Kerja Fleksibel

 

keunggulan jadi seorang blogger
jam kerja fleksibel salah satu keunggulan jadi seorang Blogger

 

Seperti yang saya sebutkan tadi bahwa menjadi Blogger memiliki jam kerja yang fleksibel. Kita bisa mengatur jam kerja sendiri. Meski kadang harus mengorbankan jam tidur, karena tidak jarang juga kita dapat bekerja dengan tenang di saat pekerjaan utama sudah beres. Terlebih bagi Mom Blogger seperti saya ini. 🙂

 

4. Memiliki Networking yang Luas

Menjadi Blogger tentunya membuka kesempatan memiliki banyak teman dari segala penjuru. Tidak jarang dari tangan temanlah Blogger membuka pintu rezekinya. Bisa saling tolong dan merasa dekat meski jarak memisahkan karena memiliki kesamaan yang sama yaitu hobi ngeblog.

Eits, gak cuma itu saja, kalau sedang berkunjung ke suatu daerah nanti bisa saling bertemu tatap muka juga dong. Nah, sebelum ke suatu tempat bisa baca review tempat wisata yang harus dikunjungi di daerah tersebut atau yang suka jajanan ala Korea bisa  intip review makanan Korea di Malang, misalnya saat akan berkunjung ke Malang.

 

5. Berkesempatan Mendapatkan Kerjasama Langsung dari Brand

Hal menarik dan membanggakan lainnya dari menjadi seorang adalah punya peluang besar atau berkesempatan mendapatkan kerjasama langsung dari perusahaan, seperti bisa dapat produk-produk keren langsung dari brandnya. Ga hanya itu saja, bisa jalan-jalan gratis, staycation di hotel-hotel dari bintang sekian hingga bintang banyak, makan gratis di tempat yang lagi hits kekinian, perawatan di klinik kecantikan ternama, endesbrai endebrai.

 

See? Menarik bukan menjadi seorang Blogger? Masih banyak keuntungan lainnya lho itu jika menjadi seorang Blogger. Makanya tidak heran kalau sekarang banyak yang tertarik untuk jadi Blogger juga. Oh iya, tidak sedikit dari seleb, influencer ataupun penulis terkenal memulai kariernya dari menjadi seorang Blogger lho. Salah satunya yaitu Raditya Dika yang awalnya menulis di Blog kambingjantan.com yang kemudian membukukan blognya. Hingga sekarang dikenal menjadi penulis, komika juga selebriti ternama Indonesia.

 

Penutup

Saat ini menjadi Blogger adalah pilihan yang banyak diminati semua kalangan karena begitu banyak peluang atau kesempatan yang bisa diambil dari aktivitas seru dan menarik ini. Blog sekarang ini tidak hanya untuk sekadar berbagi cerita saja. Namun menjadi seorang Blogger bisa lebih dikenal banyak orang dan personal branding pun menjadi meningkat.

 

Temans Mamak punya pengalaman apa aja nih selama menjadi Blogger? Boleh sharing juga lho kebanggaan apa aja yang Temans rasakan selama menjadi seorang Blogger 🙂

 

 

Cheers,

Diah

 

20 Comments

  1. avatar
    Siska Dwyta says:

    Wah, keren nih Mak. Ibarat anak ya, anaknya udah usia SMA. Salut sama kekonsistenannya ngeblog selama ini. Saya pun bangga jadi blogger karena emang manfaatnya banyak banget ya, gak cuma menghasilkan cuan. Bisa kenal dan akrab dengan Mamak pun dari ngeblog padahal belum pernah ketemu, hehe

    20 Comments
    Reply
  2. avatar
    Reyne Raea says:

    Kemampuan baca akoh tetep say, tetep menenangkan, jadinya kalau saya baca, pasti ketiduran, wakakakakaka

    yang paling kerasa emang kemampuan mengarang dan merangkai kata sih, di mana sekarang tuh, di manapun akoh berada, merangkai kata itu jadi lebih mudah.

    ya selain merangkai kata buat kepsyen IG sih, apalagi kalau postingan report event parenting IG wakakakakakak

    20 Comments
    Reply
    1. avatar
      admin says:

      tutup mata sudah bisa jadi langsung ya itu caption IG, kalau Mamak Rey mah gak perlu dipungkiri lagi lah, komen aja bisa jadi satu postingan kok :p
      saya malah suka bingung kalau mau buat caption, makanya foto ngadem aja di memori, hihihih.

      20 Comments
      Reply
  3. avatar
    demia says:

    awalnya aku iseng iseng jadi blogger karna suka curhat curhat tentang apapun hihihi, ternyata sekarang malah jadi kerjaan yang lumayan biar jajan nggak harus minta ke si hubby hihhi

    20 Comments
    Reply
  4. avatar
    gina says:

    Bangga jagi blogger, karena punya banyak kesempatan. Seperti melakukan review dan menjadi yang pertama dalam merasakan sensasi produk-produk terbaru. Trus dibayar pula, nikmat kan!

    20 Comments
    Reply
  5. avatar
    Dewi Adikara says:

    Salut banget atas konsistensinya nge blog
    Dan memang benar sekali, dengan nge blog banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan
    Tidak hanya dari segi per-cuan-an, tapi kita juga memperluas wawasan dan pertemanan walaupun tidak bertemu langsung

    20 Comments
    Reply
    1. avatar
      admin says:

      hehehh, sering up and down juga kok Mbak sebenarnya 😀
      setuju, mau gak mau harus baca biar wawasan jadi lebih luas sama dengan pertemanannya 🙂

      20 Comments
      Reply
  6. avatar
    Mechta says:

    yups..setuju banget bahwa menjadi blogger itu menyenangkan. serius! klo tak menyenangkan tak akan kujalani lbh dr 1 dekade begini.. hsha.. dan menambahkan dr hal2 menyenangkan yg sdh dituliskan, aku merasa bertambah banyaaaak teman dengab menjadi blogger.. alhamdulillah..

    20 Comments
    Reply
    1. avatar
      admin says:

      yeaaaay, tooosss Mbak.
      iyeesss Mbak, banyak teman Blogger dimana-mana jadi networking makin luas gitu jadinya ya. temannya gak cuma dari circle sekolahan atau kantor aja tapi luuuaasss 🙂

      20 Comments
      Reply
  7. avatar
    winda - dajourneys.com says:

    salut mba sama konsistensinya menulis sampai hari ini, saya sih awalnya ngisi waktu luang sama sharing2 biar ga lupa udah nyobain produk apa aja, saya nulis dari tahun 2010 sebelum banyak beauty blogger jaman sekarang wkwkwk

    20 Comments
    Reply
  8. avatar
    Uniek Kaswarganti says:

    Kalau buat saya sih bukan soal kebanggaan, tapi pemenuhan kebutuhan batin. Kayak ada yang kurang gitu ya klo ga ngeblog walau nulisnya yaaa bisa dibilang gitu gitu aja hehehee… Insya Allah dengan melihat semangat teman lainnya yang menulis dengan bagus, maka kita akan terpacu juga untuk meningkatkan kemampuan menulis seperti dia.

    20 Comments
    Reply
  9. avatar
    lendyagassi says:

    Jadi blogger itu bikin aku mengenal sahabat baru di dunia maya.
    Seringkali aku merasa kesepian karena di Bandung sendirian. Satu hal yang plaing aku suka, BW.
    karena bisa menyelam ke dunia pemikiran sang blogger dan jadi tahu karakternya.

    Ada banya sahabat blogger yang belum ketemu, tapi malah uda akrab.
    Ini mashaAllah sekali buatku..

    20 Comments
    Reply
  10. avatar
    Eni Martini says:

    Wajib bangga ya, Mba, bisa jadi blogger, menulis dan memberikan konten yang positif bagi pembaca. Juga bisa menjadi penghasilan seorang ibu yang cukup besar, pokoknya wajib disyukuri

    20 Comments
    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.