Zenius Education, Solusi Ready Back to School

Zenius Education

 

Sabtu kemarin Mamak ke sekolah Si Kakak untuk terima laporan hasil belajarnya di semester genap, kelas 1 SD. Gimana dengan nilainya? Alhamdulillah, nilainya masih tergolong bagus meski ada nilai mata pelajaran yang turun dari semester sebelumnya. Soal peringkat, gak usah bahas, dia terlempar jauh dari harapan Mamak! Tapi gak apalah, yang penting anaknya naik kelas udah senang. Tugas Mamak sekarang adalah bantu Si Kakak lagi untuk lebih giat belajar dan saatnya ganti cara belajar dengan Zenius Education nih. Pas banget kan udah naik ke kelas 2 berarti emang sudah harus lebih meningkat lagi nih belajarnya! Biar dia juga jadi semangat saat back to school nanti.

 

Kenali Gaya Belajar Anak untuk Maksimalkan Potensinya

Ganti Cara Belajar

Setiap anak memiliki cara belajarnya sendiri dalam menerima materi atau informasi. Sebagai orang tua hendaknya kita mengetahui gaya belajar atau cara yang tepat untuk sang anak dalam belajar. Agar dapat memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka. Dengan tahu cara belajar yang tepat, anak pun juga mudah dalam menerima pelajaran dan menjadi senang dalam proses belajar. Melansir dari laman popmama.com, ada beberapa jenis gaya belajar anak yaitu:

1. Gaya Belajar Visual

Anak yang memiliki gaya belajar visual memiliki kemampuan belajar dengan cara melihat. Dengan kata lain, anak akan lebih banyak menggunakan penglihatan secara tajam dan teliti dalam menyerap materi. Ciri anak dengan gaya belajar visual adalah hobi membaca, memiliki kemampuan mengingat lebih cepat dengan cara melihat. Anak visual cenderung menggambar atau mencatat sesuatu dengan teratur dan sangat detail.

2. Gaya Belajar Auditori

Anak dengan gaya belajar auditori memiliki indera pendengaran yang lebih baik dan terfokus. Anak dapat memahami pelajaran dengan sangat baik dengan cara mendengarkan. Ciri anak auditori yaitu lebih suka bertanya secara langsung untuk mendapatkan informasi. Mereka cenderung lebih senang bercerita dan diskusi serta senang mendengarkan cerita, sehingga mereka kurang mahir dalam menulis.

3. Gaya Belajar Kinestetik

Anak yang aktif dan tidak bisa diam, maka saat belajar menerapkan gaya belajar kinestetik. Mereka cenderung lebih menyukai praktik secara langsung daripada belajar teori. Anak dengan gaya belajar ini menyukai aktivitas belajar yang aktif seperti sedang bermain. Saat mereka menghafal materi biasanya dengan cara berjalan-jalan atau membuat sebuah gerakan. Hmm, Si Kakak tergolong dalam cara belajar kinestetik nih.

4. Gaya Belajar Global

Anak yang menerapkan gaya belajar biasanya memiliki kemampuan dalam memahami sesuatu secara menyeluruh dengan baik. Anak dapat mengerjakan banyak tugas sekaligus dan terbiasa melihat permasalahan secara baik. Mereka terbiasa bekerjasama dengan orang lain dan mampu mendeskripsikan dengan kata-kata apa yang mereka lihat.

5. Gaya Belajar Analitik

Anak yang memiliki gaya belajar analitik biasanya terlebih dahulu memandang sesuatu dengan memperhatikan secara teliti dan rinci. Ciri anak analitik yaitu mampu berpikir secara logika dan mengerjakan sesuatu dengan spesifik dan teratur.

 

Ready Back to School dengan Zenius Education

Nah, ketika kita telah mengenal gaya belajar anak, tentu kita pun dapat menetukan cara yang tepat untuk mendampingi mereka dalam belajar. Terlebih lagi jika anak memang masih membutuhkan dampingan khusus dari orang tua. Salah satu tips belajar bersama anak adalah mendengarkan opininya, biarkan anak untuk rajin bertanya dan menjadi kritis.

Saat ini belajar tidak hanya dapat melalui buku saja, namun banyak metode atau cara belajar yang bisa kita ambil seperti belajar dari internet, membuat eksperimen science kecil di rumah, atau juga dengan ikut bimbingan belajar melalui aplikasi online yaitu Zenius Education yang mampu mendukung semua gaya belajar anak. Bakalan rajin belajar dan ready back to school dong ini.

 

Mengenal Zenius Education,  Ganti Cara Belajar yang Penting-penting Aja

Waktu Mamak sekolah dulu sih sebisa mungkin apa yang para guru berikan di sekolah, maka itulah yang harus saya pelajari. Dalam pikiran saat itu ya semua bakalan muncul saat ulangan tiba. Hmm, betapa ya menghabiskan waktu? Padahal jika tahu cara belajar yang tepat, ya pasti akan lebih menyenangkan karena kita juga tetap bisa melakukan hobi ataupun bermain.

Nah, saat ini Zenius Education hadir sebagai platform pendidikan dengan misi ingin memberikan pengalaman belajar yang berbeda. Kita akan belajar ide besar dan kerangka berpikir yang membuat pondasi tiap pelajaran jadi lebih kuat. So, kita akan lebih gampang dalam menyerap materi serta dengan mudah hadapin soal-soal bahkan yang belum pernah kita pelajari sekalipun.

Zenius menawarkan pembelajaran yang bersifat adaptif sehingga semua bisa belajar dengan mudah. Belajar di Zenius itu kita akan diajak untuk mencari tahu sampai ke akar dengan menyelami rangkaian cerita yang runtut dan masuk akal. Belajar dengan menelusuri hal baru hingga bikin ketagihan untuk belajar.

Menariknya, Zenius hadir lengkap dengan ekosistem belajar online dan offline yang menyenangkan yang membantu anak untuk fokus kepada hal-hal penting dan esensial secara efektif dan efisien. Bimbel yang satu ini juga telah menetapkan  biaya berlangganan yang lebih terjangkau untuk seluruh paket belajar yang tersedia di ekosistem pembelajaran Zenius yaitu mulai dengan Rp 199.000 per tahun.

 

Online Class, Belajar Asik di Mana Saja

Zenius Live Class

Saat ini pembelajaran daring atau online jadi pilihan banyak orang karena lebih efisien dan juga efektif. Apalagi sejak pandemi melanda dunia maka belajar dan beraktivitas pun jadi terbiasa dengan online. Untuk itulah melalui aplikasi Zenius memberikan fitur-fitur terbaik sebagai jembatan kita dalam belajar. Apa aja sih fiturnya?

  • ZenBot; merupakan fitur berbasis AI yang mana bisa membantu anak dalam menyelesaikan permasalahan menantang pada pelajaran Matematika, Fisikia, juga Kimia dengan bantuan video pembelajaran dengan cara mengunggah foto pertanyaan ke aplikasi. Asyik banget ya ZenBot ini.  Kalau sedang belajar lalu bingung, ya tinggal foto aja soalnya, kirim dan tunggu deh jawabannya. Cocok nih untuk anak yang senang belajar di malam hari, saat semua sudah terlelap tapi ternyata bingung dengan pelajarannya, bisa langsung pakai ZenBot dong.
  • Zenius Live Class; setiap anak bebas menentukan pilihan kelas yang ingin diambil sesuai minatnya. Nah, mereka bisa berdiskusi dengan tutor mata pelajaran di sekolah secara umum maupun spesifik dengan mudah dan menyenangkan. Bisa bertanya langsung juga lho pertanyaan yang belum dimengerti. Dengan fitur Zenius Live Class berasa kayak sedang belajar offline aja ya karena bisa berinteraksi langsung dengan tutor.
  • Content Library; berisi lebih dari  100 ribu konten ilmu Matematika, Sains, dan juga Sosial.
  • ZenCore; fitur canggih yang mengajarkan kita agar bisa menguasai fundamental skill yang mana menyajikan pilar penting dari semua ilmu pengetahuan.

 

Offline Class melalui New Primagamaa Powered by Zenius Education

Bagi yang tetap menginginkan suasana belajar offline juga bisa banget lho! Karena melalui New Primagama Powered by Zenius maka pelajar dapat belajar secara Hybrid Learning dengan menggunakan model pendekatan 2 guru atau two teachers yang mana pelajar bisa mempelajari berbagai konsep dengan tutor secara virtual dan berdiskusi langsung di kelas.

 

Adu Otak dengan ZenCore by Zenius Education

Nah, tadi udah sebut fitur ZenCore kan ya? Yeay, melalui ZenCore kita bisa melatih skill dan knowledge lho. Tidak hanya pelajar saja yang dapat menikmati ZenCore ini, Umum pun juga bisa doong. Jadi, bisa sekalian upskill dan reskill juga nih. Bahasan kategori yang tersaji di ZenCore yaitu Matematika,  Verbal Logic, dan Bahasa Inggris.

Kita bisa mencoba adu otak di fitur ZenCore melalui CorePractice dengan menjawab soal-soal yang tersaji. Setiap kategori terdiri dari 100 level, yang mana tiap level akan mendapatkan 8 soal dengan durasi waktu pengerjaan 120 menit. Jadi, harus bisa gunakan waktu dengan baik tapi juga wajib teliti ya dalam mengerjakan soal. Sebab kalau salah akan mengurangi nilai yang telah kita dapatkan pada level sebelumnya.

Zencore

Namanya belajar pasti ada salahnya dong. Nah, kalau penasaran dengan jawabannya, di akhir level kita bisa periksa kembali jawaban kita dan baca penjelasan yang benar secara lengkap. Di akhir level juga akan muncul total score yang telah kita dapatkan beserta posisi ranking dari semua peserta adu otak.

Saya juga sudah mencoba lho adu otak di ZenCore dan asli jadi bikin ketagihan dan gemas ketika jawaban yang saya pilih ternyata salah.

Matematika

Kategori pertama yang tersaji di CorePractice pada ZenCore adalah Matematika yang mana berisi soal-soal dasar, variabel, soal cerita yang membutuhkan penalaran, dan pastinya ada hitung cepatnya juga.

Verbal Logic

Kategori selanjutnya yaitu Verbal Logic yang mana menampilkan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang tentunya butuh logika dalam menjawabnya. Semakin tinggi tahapannya maka makin ribet juga pertanyaannya. Seperti menebak gambar, pernyataan benar salah, hubungan sebab akibat, hingga soal penalaran yang tidak jarang buat kening berkerut.

Bahasa Inggris

Selain Matematika dan Verbal Logic kemampuan yang harus kita punya adalah Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa Internasional. Soal-soal yang tersaji pada pelajaran Bahasa Inggris yaitu seputar Grammar dan Vocabulary. 

 

Pengalaman Menggunakan Zenius Education

Seperti yang saya bilang tadi bahwa biar Kakak lebih semangat Back to School nanti saya rencana untuk mengganti cara belajar dia dengan lebih menarik lagi, salah satu tips belajar yang cocok untuk Kakak dengan menggunakan aplikasi. Selama ini dia akan senang belajar dengan cara online. Nah, pas banget saya dapat info tentang Zenius Education ini dan sebelum saya mengenalkan padanya, saya terlebih dahulu harus mencobanya juga dong apa ini akan cocok dengan gaya belajar anak saya nantinya? Wow jujurly ini mah bukan anaknya aja yang bakalan senang tapi Mamaknya pun juga.

Dari sejak pertama mengunduh Aplikasi Zenius untuk Android ini saya malah jadi ketagihan sendiri untuk kembali belajar. Sejauh ini saya sudah mencoba fitur ZenCore dan asli saya jadi penasaran untuk menyelesaikan semua level dari tiap kategori yang ada di CorePractice itu.

Belum sempat bilang ke Si Kakak karena saya masih sibuk jawab soal-soal, doi sendiri malah datang menghampiri karena penasaran dengan apa yang sedang saya kerjakan di ponsel. Pas saya lihatkan, eh dia langsung tertarik dong dan bilang mau mencoba jawab soal-soal Bahasa Inggris juga. Yeaay, tidak perlu pakai bujuk rayu dong kalau gini karena anaknya sendiri sudah tertarik dengan aplikasinya. Oh ya selain di Andoroid, Temans Mamak yang menggunakan Apple juga bisa lho unduh Aplikasi Zenius untuk iOs dan coba langsung untuk adu otak di ZenCore ini.

 

Kesimpulan

Ganti cara belajar bisa jadi solusi yang tepat agar anak bisa belajar dengan lebih menyenangkan. Zenius Education menawarkan cara belajar yang adaptif, lengkap dengan ekosistem online dan offline yang akan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik. Dengan biaya langganan tahunan yang cukup terjangkau dan dilengkapi dengan fitur live class agar anak dapat menikmati materi secara langsung oleh tutor-tutor berpengalaman.

 

Hmm, Temans Mamak udah ada yang coba pakai Zenius juga? Share pengalamannya di kolom komentar yuk. Saatnya Back to School bersama Zenius Education! 🙂

 

Diah

36 Comments

  1. avatar
    Ella says:

    Aku pernah ikutan adu otak di ZenCore, mbak. Seru! Upgrade ilmu pengetahuan berasa lagi main game. Aku yakin sih anak2 bakal tertarik belajar di Zenius

    36 Comments
    Reply
  2. avatar
    Fadmala says:

    Ya juga sudah pakai Zenius nih.. Suka sama fitur ZenBotnya.. Keren banget deh.. Tinggal foto aja bisa tau cara mengerjakan soal yg tak dimengerti ya..

    36 Comments
    Reply
  3. avatar
    Bambang Irwanto says:

    Hahaha.. benar sekali, Mbak. Zaman saya sekolah dulu juga begitu. Pas mau ulangan, semua dipelajari, semua dihapalin, sampai bangun tengah malam. Tapi hanya sebagian yang keluar pas ulangan. Jadi memang pas nih, belajar yang penting-penting saja.
    Dan saya suka Zenius, karena sangat adaptif, menyesuaikan dengan sikon juga. Terus format kuis dan per level, bikin belajar semakin semangat…

    36 Comments
    Reply
  4. avatar
    Sari says:

    Memudahkan proses belajar ya, bisa online maupun offline, dan harganya juga termasuk murah 199.000. Fitur yg bikin penasaran adu otak nih, karena ada pengurangan nilai, makin seru

    36 Comments
    Reply
  5. avatar
    Putu Felisia says:

    Nggak apa-apa terlempar dari harapan Emak, yang penting anaknya tetap bersemangat belajar. Dengan Zenius Education pastinya belajar jadi lebih menyenangkan ya.

    36 Comments
    Reply
  6. avatar
    Fenni Bungsu says:

    Wah konten pelajaran di Library nya banyak juga ini. Bikin semangat buat belajar dan tertantang untuk mengerjakan kuis atau soal-soal ya kak

    36 Comments
    Reply
  7. avatar
    Yuni Bint Saniro says:

    Sudah waktunya back to school. Anak butuh booster untuk belajarnya. Tapi masih pingin main gitu. Zenius Education bantu banget. Belajar yang penting-penting.

    36 Comments
    Reply
  8. avatar
    YSalma says:

    Anakku juga tipe belajar kinestetik mba.
    Yang gak paham suka gemes ngelihatnya.
    Untungnya ada tempat belajar yang memahami gaya belajar masing-masing anak seperti Zenius education ini ya.

    36 Comments
    Reply
  9. avatar
    Mei Daema says:

    kebetulan banget keponakan mau masuk sekolah lagi kak, dan mamanya lagi super busy sama anaknya yang kecil, kemarin sempat minta dicarikan tempat kursus yang bagun buat anaknya, bsia saya rekomendasikan Zenius ini mba

    36 Comments
    Reply
  10. avatar
    Lia Yuliani says:

    Setiap anak punya gaya belajar yang berbeda ya Mba, harus Kita kenalin dulu tipe anak seperti apa. Anak saya tipe kinesthetic kayanya. Zenius memfasilitasi anak belajar lebih mudah dengan fitur-fiturnya

    36 Comments
    Reply
  11. avatar
    Fadmala says:

    Makin keren ya sekarang Zenius sudah ada kelas offline nya juga.. Aplikasinya pun tambah banyak fiturnya, apalagi fitur ZenBot dan ZenCore nya nih..

    36 Comments
    Reply
  12. avatar
    Santi suhermina says:

    Setuju banget, sebagai orang tua hendaknya kita mengetahui gaya belajar atau cara yang tepat untuk anak kita. Dengan paham gaya belajar mereka akan lebih mudah untuk mengoptimalkan potensi yg ada

    36 Comments
    Reply
  13. avatar
    Jihan says:

    Keren emang zenius iniii, aku dari tahun kemarin gabung zenius dan cobain zencorenyaa wkwkwk dan bikin semangatt belajar jadinyaaa

    36 Comments
    Reply
  14. avatar
    Damar Aisyah says:

    Tahun ini anakku kelas 6 dan kami mantap lanjut pakai Zenius, hehe. Selama ini coba2 ZenCore aja udah asyik. Akhirnya kepincut juga pengin belajar lainnya.

    36 Comments
    Reply
  15. avatar
    Didik says:

    Si kecil bs lebih semangat belajar lagi nih dgn metode belajar kayak gini. Smkn bnyk gaya belajar yg kita tahu, kita bakal ga merasa bosan.

    Cocok banget buat perkembangan si kecil bahkan seusia kita yg masih pgn bljr.

    36 Comments
    Reply
  16. avatar
    Fatimah says:

    Pengalaman menggunakan Zenius Education ini emang seru banget sih. Apalagi fiturnya yang lengkap banget membantu belajar jadi lebih menyenangkan. Fitur ZenBot salah satunya, cuma mengunggah foto jadinya nggak perlu bingung dalam menjawab soal yang sulit.

    36 Comments
    Reply
  17. avatar
    wiwid says:

    saya penasaran dengan zencore nih kayaknya menantang banget ya, mbak. Btw Zenius keren bikin cara belajar jadi mudah dan menyenangkan ya

    36 Comments
    Reply
  18. avatar
    lendyagassi says:

    Nah iya, aku setuju banget dengan perbanyak belajar dan berlatih soal dengan mengingat yang penting -penting aja alias membuat rangkuman point per-point dari setiap sub-bab. Jadi gak rancu sehingga bisa terstruktur belajarnya.
    Dibantu oleh Zenius Education untuk memantapkan membuat mindmap setiap pelajaran yang dipelajari.

    36 Comments
    Reply
  19. avatar
    Nita says:

    Salut sama Zenius, bisa menyesuaiakn dengan cara belajar anak. Jadi kesannya tidak memaksakan 🙂 Terlebih buat anak ABK khan 🙂

    36 Comments
    Reply
  20. avatar
    KakaKiky says:

    Keren banget yaa AI yang ada pada ZenBot, dia bisa kasih jawaban berdasarkan foto dari soal yang diupload user. Gak hanya itu, dia juga kasih pembahasannya jadi yang ngupload soal gak cuma dapat jawaban mentah dan dia bisa pahamin lagi soal tersebut.

    36 Comments
    Reply
  21. avatar
    Nurhilmiyah says:

    Sekolah anak saya insyaallah pagi ini kedatangan kakak2 mentor dari Zenius Education lho, anak saya udah saya bekali juga dengna info tentang Zenius, kan saya ZenOrtu yg wajib paham ttg proses pembelajaran anaknya.

    36 Comments
    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.