Mengenal Manfaat Roti Gandum Untuk Asam Lambung

Roti gandum terkenal sebagai salah satu jenis roti yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini tentu karena manfaat roti gandum untuk asam lambung itu sendiri. Banyak orang yang belum tahu manfaat yang lebih luas dari roti gandum ini sehingga bagus juga untuk asam lambung.

Dalam hal ini roti gandum memang punya nutrisi komplek untuk memperbaiki asupan tubuh. Dari sanalah nanti dapat kita temukan bahwa roti gandum memang bagus untuk penderita asam lambung. Bahkan roti gandum ini bisa jadi pilihan tepat untuk camilan sehat yang membuat lambung nyaman.

Beberapa Manfaat Roti Gandum Untuk Asam Lambung

Meskipun roti gandum ini punya manfaat yang bagus untuk asam lambung, namun bukan berarti roti gandum ini menjadi obat agar asam lambung sembuh. Roti gandum hanya berfungsi sebagai makanan yang akan membuat lambung terasa lebih nyaman saat asam lambung sedang dalam kondisi naik.

Lantas apa sebenarnya manfaat roti gandum untuk asam lambung secara tidak langsung? Berikut ini beberapa poin manfaatnya beserta ulasan singkatnya:

1.    Pengurangan Konsumsi Karbohidrat

Menurut ilmu medis,  konsumsi karbohidrat terlalu banyak memang tidak baik untuk penderita asam lambung. Kondisi ini berbeda dengan orang normal yang boleh mengkonsumsi karbo dalam jumlah cukup banyak untuk memenuhi asupan nutrisi harian.

Sedangkan roti gandum hanya mengandung karbohidrat tidak lebih dari 15 gram. Takaran dalam roti gandum ini tentu menjadi takaran yang sangat ideal untuk para penderita asam lambung, baik sebagai camilan maupun menu sarapan harian.

2.    Memenuhi Kebutuhan Serat Tubuh

Berbeda dengan roti tawar biasa, roti gandum memang terkenal punya kandungan serat yang jauh lebih tinggi. Tentu Temans Mamak sudah paham bahwa serat ini sangat bagus untuk kesehatan lambung, utamanya bagian usus atau pencernaan.

Usus yang kekurangan nutrisi serat juga bisa berdampak pada penyakit lambung seperti asam lambung. Maka untuk menghindari naiknya asam lambung, konsumsi roti gandum yang kaya akan serat ini bias jadi pilihan terbaik. Bahkan Temans Mamak juga bias mengonsumsinya setiap hari.

3. Mengenyangkan Perut Namun Tidak Berlebihan

Saat dalam kondisi asam lambung naik, penderita tidak diperbolehkan makan terlalu banyak hanya karena berfikir bahwa hal itu akan membuat nyeri lambung jadi mereda. Justru saat asam lambung naik dan penderita makan banyak, akan menyebabkan mual parah.

roti gandum
source pic: Canva

Untuk mengondisikan situasi ini, Temans Mamak bisa memilih untuk makan roti gandum saja. Selain memberikan efek nyaman pada lambung, roti gandum yang penderita konsumsi ini akan membuat perut jadi cepat kenyang.

Selain itu rasa kenyang saat makan roti gandum juga lebih tahan lama sehingga membuat penderita asam lambung tidak perlu makan banyak untuk menjadi kenyang. Dengan begitu gejala mual saat makan dalam kondisi asam lambung naik pun jadi teratasi dengan baik.

4.    Meminimalisir Risiko Kematian Dini

Kematian memang merupakan takdir dari Tuhan yang tidak bisa kita hindari. Namun risiko kematian dini kerap kali dialami oleh penderita asam lambung. Kematian dengan sebab asam lambung ini bisa kita minimalisir dengan mengonsumsi roti gandum.

Tentunya hal ini sudah melalui penelitian medis yang menyatakan bahwa roti gandum bisa memperbaiki kinerja tubuh hingga meminimalisir risiko gangguan penyakit yang menyebabkan kematian dini meningkat, termasuk penyakit asam lambung.

5.    Mencegah Gejala Refluks Asam

Refluks asam merupakan kondisi tekanan pada asam lambung yang membuatnya naik hingga ke tenggorokan. Biasanya tekanan pada refluks asam ini berasal dari kelebihan berat badan penderita. Meskipun tampak gemuk, bukan berarti terhindar dari penyakit asam lambung.

Untuk meminimalisir risiko refluks asam ini, biasanya orang akan melakukan diet sehat. Salah satu makanan yang bisa kita gunakan untuk diet sehat ini tak lain adalah roti gandum

Manfaat roti gandum untuk asam lambung jangka panjang memang cukup bagus. Namun sebagai penderita asam lambung, tetap harus memperhatikan bagaimana pengolahan konsumsi roti gandum agar tetap mendapatkan manfaatnya tersebut.

Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya.

 

Diah

8 pemikiran pada “Mengenal Manfaat Roti Gandum Untuk Asam Lambung”

  1. Roti gandum memang cocok untuk dikonsumsi saat diet, ya. Tapi, nggak nyangka juga bisa buat asam lambung. Saya baru tahu sebagus itu manfaatnya, Mbak. Terima kasih informasinya 🙂

    Balas
  2. Ngomongin asam lambung jd inget saudaraku yg menderita asam lambung kronis. Padahal usianya seumuran aku, terakhir dirawat di RS cuku lama, sekarang insya allah sudah tenang di surga. Aamiin
    Aku baru tahu manfaat roti gandum ini, Mbak. Kebetulan aku jg suka mengonsumsinya tp dg tambahan selai. 😀

    Balas
  3. Mbak.. Makasih ya infonya. Aku nih penderita asam lambung. Aku pikir sama aja antara roti gandum dengan roti tawar.
    Memang benar, kalau asam lambung lagi naik, sebaiknya hindari makan berat karena justru bikin lambung tambah sakit.

    Balas

Tinggalkan komentar